TUJUAN KURIKULER

TUJUAN KURIKULER

Tujuan institusional yang ingin dicapai oleh setiap lembaga pendidikan masih cukup luas. Untuk itu tujuan ini perlu dijabarkan menjadi tujuan yang lebih khusus dalam berbagai bidang studi yang dikenal dengan tujuan kurikuler. Dengan demikian tujuan kurikuler merupakan penjabaran tujuan instutisional yang harus dicapai oleh setiap bidang studi pada lembaga pendidikan tertentu. Ini berarti kemampuan tersebut dicapai oleh siswa setelah dia menyelesaikan program bidang studi yang bersangkutan.

Tujuan kurikuler adalah tujuan yang harus dicapai oleh setiap bidang studi atau mata pelajaran. Oleh sebab itu, tujuan kurikuler dapat didefinisikan sebagai kualifikasi yang harus dimiliki anak didik setelah mereka menyelesaikan suatu bidang studi tertentu dalam suatu lembaga pendidikan. Tujuan kurikuler pada dasarnya merupakan tujuan antara untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan. Dengan demikian, setiap tujuan kurikuler harus dapat mendukung dan diarahkan untuk mencapai tujuan institusional.

Pada Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 dinyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan , dan khusus pada jenjang pendidikan dan menengah terdiri atas :

  1. Kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
  3. Kelompok mata pelajaran Ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Kelompok mata pelajaran estetika.
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah tersebut, maka Badan Standar Nasional Pendidikan merumuskan tujuan setiap kelompok mata pelajaran sebagai berikut

  1. Kelompok mata pelajaran agama dan ahlak mulia bertujuan untuk membantu peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia. Tujuan tersebut dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan, kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olah raga dan kesehatan.
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia menjadi memiliki rasa kebanggaan dan cinta tanah air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, ahlak mulia, kewarganegaraan, bahasa, seni dan budaya, dan pendidikan jasmani.
  3. Kelompok mata pelajaran Ilmu pengetahuan dan teknologi bertujuan untuk mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik.
  4. Pada Satuan Pendidikan SD/MI/SD-LB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pemngetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan.
  5. Pada Satuan Pendidikan SMP/MTs/SMP-LB/Paket B, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan dan/teknologi informasi dan komunikasi serta muatan lokal yang relevan.
  6. Pada Satuan Pendidikan SMA/MA/SMA-LB/Paket C, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan/kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.
  7. Pada Satuan Pendidikan SMK/MAK, tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keterampilan, kejuruan, teknologi informasi dan komunikasi, serta muatan lokal yang relevan.
  8. Kelompok mata pelajaran estetika bertujuan membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan bahasa, seni dan budaya, keterampilan, dan muatan lokal yang relevan.
  9. Kelompok mata pelajaran Jasmani, olah raga dan kesehatan bertujuan membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani dan rohani, danmenumbuhkan rasa sportifitas. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan pendidikan jasmani, olah raga, pendidikan kesehatan, ilmu pengetahuan alam, dan muatan lokal yang relevan.

Untuk mencapai tujuan lembaga atau institusional di Sekolah Dasar hendaknya siswa harus mencapai tujuan dari program pendidikan misalnya Matematika, IPA, Agama, dan lain sebagainya. Tujuan inilah yang dinamakan dengan tujuan kurikuler sebagai penjabaran dari tujuan institusional yang menunjang pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Setiap bidang studi mempunyai sendiri-sendiri dan dirumuskan dalam kurikuler. Oleh karena di SD terdapat sebelas bidang studi, maka juga akan terdapat sebelas tujuan kurikuler. Atau kalau misalnya di SD terdapat berbagai macam bidang studi, maka akan terdapat tujuan yang sama dengan bidang studi tersebut. Jadi itu semua tergantung terhadap bidang studi tersebut. Sebelas bidang studi tersebut meliputi :

  • Pendidikan Agama
  • Pendidikan Moral Pancasila
  • Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Matematika
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Olahraga dan Kesehatan
  • Pendidikan Kesenian
  • Keterampilan Khusus
  • Bahasa Daerah (bagi daerah atau sekolah yang memberikan bahasa daerah)

Berikut ini contoh rumusan tujuan kurikuler beberapa bidang studi diSD sebagai berikut :

  1. Bahasa Indonesia

Siswa memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta dapat menghayati bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan situasi dan tujuan berbahasa serta tingkat pengalaman siswa di Sekolah Dasar.

  1. Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
  2. Siswa memeperhatikan nilai persatuan dan kesatuan serta kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia dalam berjuang melawan dan menegakkan kemerdekaan.
  3. Siswa menghargai sikap suka menolong dan melakukan kegiatan kemanusiaan serta rasa cinta tanah air dan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

Rumusan tujuan kurikuler bidang studi yang lain dapat dilihat pada kurikulum SD dalam GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran).

This entry was posted in Olahraga. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s