Kue Bugis Ketan Hitam Lembut dan Manis

Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Lembut dan Manis

Kue Bugis Lagi\

Kue Bugis adalah merupakan jajanan pasar yang sewaktu masih kecil dulu sangat favorit khususnya bagi saya yang selalu dibawakan oleh-oleh dari pasar yang tidak jauh dari rumah. Kue ini merupakan jajanan tradisional dan juga kue tradisional yang keberadaannya masih gampang ditemui.  Beberapa hal yang menjadi ke khas-an kue bugis ini adalah yang pertama dari pembungkusnya yang alami yaitu daun pisang yang sekaligus menambah aroma sedap dari kue tersebut. Yang kedua adalah setelah membuka kulit pisang sebagai pembungkusnya maka akan kita lihat kue lembut dengan warna hijau pandan, meskipun warna kue ini tidak selalu hijau pandan bisa saja putih sesuai selera namun memang kebanyakan berwarna hijau pandan. Sedangkan yang ketiga adalah jika kita gigit kue ini maka akan terlihat bahan isiannya yaitu parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah yang menambah rasa menjadi manis dan gurih. bahan-bahannya sendiri cukup sederhana dangan sangat mudah mendapatkannya disekitar anda, apalagi cara pembuatannya yang sangat mudah tentunya makin membuat anda semakin tidak sabar untuk membuatnya. Dan jangan khawatir selalu ada resep special untuk anda di sini. Dan tunggu apalagi silahkan anda simak resep nya di Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Lembut dan Manis yang berikut ini.

Bahan-bahan :
  • 250 gram tepung ketan hitam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml santan kental dari parutan kelapa
  • Daun pisang secukupnya untuk pembungkus kue
Bahan-bahan isian kue :
  • Parutan 1/2 butir kelapa setengah tua
  • 150 gram gula merah disisir halus
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam
Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Lembut dan Manis :
  1. Membuat Bahan Isisan : campurkan semua bahan isian, lalu masaklah sambil diaduk-aduk hingga semua gula hancur dan tercampur rata dengan parutan kelapa. Lalu angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Campurkanlah tepung ketan hitam dengan garam, lalu aduk-aduk hingga rata. tambahkanlah santan sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni hingga adonan bisa dibentuk dan tidak lengket.
  3. Ambil satu sendok makan adonan yang sudah jadi, lalu berikanlah satu sendok teh adonan bahan isian, selanjutnya bulatkan hingga bahan isian tertutup. Siapkan daun pisang, letakkan diatas daun pisang lalu bungkuslah dengan melipat ujung-ujungnya, lanjutkan hal ini denagn cara yang sama hingga adonan habis. Selanjutnya kukuslah selama kurang lebih 30 menit sejak air mendidih. Setelah matang angkat dan dinginkan kemudian sajikan.

Demikian tadi cara yang sangat mudah untuk membuat kue bugis special untuk anda. dengan bahan diatas menghasilkan 15 bungkus kue. selamat mencoba dan berkreasi.

This entry was posted in Makanan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s